Kamis, 10 November 2016

3 Tips Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis AdSense


Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) untuk menghasilkan uang dari blog, dan program ini sangat diminati oleh para blogger. Hobi menulis, selain bisa menuangkan ide, berbagi ilmu dan unek-unek, juga bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Namun, kemampuan menulis konten juga harus dibarengi dengan kemampuan dalam mengoptimasi blog dan konten tersebut. Bagaimana caranya?

Di artikel ini saya ingin menulis ulang beberapa tips dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis Adsense, untuk meningkatkan performa blog/ website Anda para publisher Google Adsense. Dengan melakukan tips ini diharapkan performa blog Anda semakin baik dan akan membantu meningkatkan penghasilan Anda dari #Google Adsense.
jeanny-haliman-google
Jeanny Haliman, image dari Twitter
Jeanny Haliman menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi sangat besar dalam bisnis digital. Hal ini salah satunya dikarenakan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat besar setiap tahunnya. Dan diperkirakan kedepannya pengguna internet di Indonesia masih akan terus meningkat.  Nah, kesempatan ini jangan sampai disia-siakan oleh rekan-rekan blogger yang ingin menghasilkan uang dari tulisan-tulisan keren yang Anda posting di blog.
Berikut ini adalah 3 tips meningkatkan penghasilan Google Adsense dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis AdSense:

1. Optimasi Blog/ Website Untuk Pengguna Mobile

Seperti kita kita ketahui, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat konsumtif. Berbagai tren, kemajuan teknologi, dan kebiasaan dari berbagai negara sangat cepat diadaptasi oleh masyarakat kita, mulai dari kuliner, fashion, hingga gadgetery. Salah satu tren positif yang sangat populer di masyarakat Indonesia adalah blogging dan penggunaan Smartphone.
Hari gini ga pake smartphone, apa kata dunia?
akses-internet-via-smartphone
Image dari Googleblog.com
Pengakses internet di Indonesia sekitar 65% dilakukan oleh pengguna Smartphone, jauh lebih banyak dibandingkan akses internet via desktop. Bagi Anda pemilik blog/ website, sudah seharusnya mengoptimasi web Anda dengan membuat blog Anda mobile friendly. Hal ini untuk memudahkan visitor membuka halaman blog/ website Anda dan meningkatkan pengalaman pembaca di halaman blog Anda.
Untuk mengoptimasi konten blog/ website Anda agar mudah diakses oleh para pengguna seluler, Anda bisa mengikuti tips dari mbah Google
A. Silahkan download artikel The #AdSenseGuide to Mobile Web Success (file Pdf dan bahasa Inggris). Di artikel ini akan dijelaskan secara singkat apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengoptimasi blog/ website kita agar mobile friendly. Tujuannya agar visitor yang menggunakan selular lebih nyaman saat membuka dan membaca konten Anda.
B. Terapkan iklan Page Level Ads dari Google Adsense di dalam blog Anda. Bagi Anda yang belum tahu, iklan Page Level Ads ini adalah salah satu format iklan khusus untuk blog/website yang diakses dari seluler. Jadi, hanya visitor dari mobile saja yang bisa melihat iklan tersebut.
Berikut ini gambar tampilan Page Level Ads di smartphone visitor Anda
page-level-ads-1page-level-ads-2
page-level-ads-3

2. Meningkatkan Page Views (Jumlah Tayangan) Blog Anda

Sebenarnya konsep dasar untuk meningkatkan jumlah tayangan blog/ website Anda adalah dengan cara memberikan konten yang dicari oleh para pengunjung blog Anda. Selain itu, kita juga harus menampilkan link artikel terkait sehingga memudahkan pembaca blog Anda untuk menggali konten Anda lebih banyak lagi. Dan ini pada akhirnya akan meningkatkan page views blog Anda.
Ada 2 sumber daya yang bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan page views:
A. Silahkan download artikel #AdSenseGuide to Audience Engagement (file Pdf dan bahasa Inggris). Artikel tersebut menjelaskan secara singkat apa saja yang perlu kita lakukan untuk membuat blog/ website kita lebih terarah. Dengan begitu jumlah page views akan meningkat yang secara tidak langsung akan mengoptimalkan penghasilan Anda dari Google Adsense.
B. Menggunakan fitur Matched Content (rekomendasi konten) dari Google Adsense. Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama, tapi mungkin belum semua blogger bisa menemukannya di akun Google Adsense mereka. Beruntung bagi Anda bila sudah mendapatkan undangan dari Google Adsense untuk menggunakan fitur ini karena tidak semua publisher Google Adsense menggunakannya. Bagi yang belum menemukan fitur ini di akun Google Adsense Anda, selalu tingkatkan performa blog Anda karena Google Adsense memeriksa kelayakan blog publisher mereka secara rutin untuk bisa mendapatkan fitur Matched content.

Fitur tersebut membantu menampilkan konten lain di blog ini yang masih relevan dengan konten yang sedang dibaca oleh visitor. Dengan begitu, pembaca akan terdorong untuk membuka link tersebut sehingga meningkatkan jumlah tayangan konten.
3. astikan Blog Anda Mematuhi Kebijakan Google Adsense
Google Adsense banned, ini adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh publisher Google Adsense. Beberapa blogger melakukan pelanggaran karena mereka tidak tidak tahu dan tidak pernah membaca kebijakan Google Adsense, sedangkan beberapa blogger lainnya melakukan pelanggaran karena mereka tidak perduli aturan dan melakukan trik-trik TERLARANG untuk meningkatkan penghasilan dari Google Adsense. Well, saya berharap Anda bukanlah salah satu dari mereka.
Berikut ini tips dari Jeanny untuk membangun bisnis yang sehat dan berkelanjutan untuk jangka panjang:
A. Pahami Kebijakan Google Adsense. Seperti halnya dengan bisnis lain yang memiliki aturan, Googel Adsense juga memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh publisher. Aturan ini jelas dibuat untuk menguntungkan semua pihak, baik itu publisher, Advertiser, maupun Google Adsense sendiri. Sudah tidak terhitung berapa banyak publisher yang akun Adsense nya dinonaktifkan karena melanggar aturan tersebut. Nah, untuk mencegah akun Google Adsense Anda mengalami masalah, sebaiknya Anda membaca Kebijakan tersebut.

B. Jangan pernah klik iklan di blog Anda sendiri karena bisa mengakibatkan akun Anda dinonaktifkan. Bahkan, bila Anda beberapa kali tidak sengaja melakukannya, ini bisa jadi petaka bagi akun Adsense Anda. Selain itu, jika Anda menemukan ada aktivitas mencurigakan di akun Google Adsense Anda, maka sangat disarankan untuk segera menghubungi pihak Google Adsense.
Aktivitas mencurigakan ini misalnya jumlah klik iklan Adsense di blog Anda tiba-tiba meningkat pesat. Kalau biasanya iklan di blog Anda di klik 100 – 200 klik per hari, lalu tiba-tiba ada hari dimana jumlah klik iklan Anda meningkat pesat menjadi 1000 klik per hari maka Anda sudah sepatutnya curiga. Segera laporkan aktivitas mencurigakan tersebut kepada pihak Google Adsense untuk diperiksa. Laporkan melalui LINK INI.

C. Rutin memeriksa email akun Google Adsense Anda. Google Adsense biasanya akan mengirimkan email peringatan kepada publisher yang melakukan pelanggaran kebijakan Google Adsense di dalam blog mereka. Nah, bila Anda mendapatkan email peringatan tersebut, segeralah memperbaiki kesalahan yang ada di blog/ website Anda
Bila Anda terlambat untuk memperbaiki pelanggaran tersebut, iklan Anda pasti akan dinonaktifkan untuk blog yang melakukan pelanggaran tersebut. Anda mungkin masih bisa login ke akun Google Adsense, tapi iklan di blog Anda tetap tidak akan tampil.

Ini masih bisa diatasi dengan cara memperbaiki pelanggaran di blog Anda, lalu mengkonfirmasi bahwa Anda sudah memperbaikinya (link konfirmasi ini akan tampil di halaman akun Google Adsense Anda). Tapi bila Anda sudah tidak bisa login ke akun Adsense Anda, sangat kecil kemungkinan akun Anda diselamatkan. Itulah sebabnya mengapa Anda sangat perlu memperhatikan kebijakan Google Adsense dan tidak melanggarnya.


Sumber : maxmanroe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar